1 x 1 des Obstbaumschnitts: Bild für Bild (German Edition)

1 x 1 des Obstbaumschnitts: Bild für Bild (German Edition)

Sejarah Sebutkan dua negara yang membuka jalur laut melewati wilayah perairan nusantara!​

Sebutkan dua negara yang membuka jalur laut melewati wilayah perairan nusantara!​

Jalur perairan nusantara merupakan jalur laut yang telah ada selama berabad abad lamanya, jalur ini dikenal efektif untuk digunakan sebagai jalur perdagangan dunia. Dua negara yang telah memanfaatkan perairan nusantara sejak dulu yaitu Tiongkok dan India yang digunakan sebagai sarana bertukar komoditas perdagangan.

Pembahasan

Jalur sutra merupakan jalur perdagangan yang melewati daratan asia, jalur ini merupakan jalur utama mengirim perdagangan dari berbagai wilayah di asia, namun eksistensinya mulai hilang kala tergeser oleh jalur perdagangan perairan salah satunya perairan nusantara. Jalur perairan nusantara digunakan sebagai jalur untuk mengirim berbagai komoditas perdagangan dunia, tak sedikit negara memanfaatkan jalur perairan di wilayah nusantara terutama selat malaka. Dua negara yang telah lama menggunakan perairan nusantara yaitu tiongkok dan India, dua negara ini sering bertukar komoditas perdagangan melewati wilayah perairan nusantara.

Tiongkok sebagai salah satu negara besar sering mengirimkan hasil komoditas perdagangan berupa karpet, kain atau emas, sementara India mengirim komoditasnya berupa rempah rempah. Keutamaan jalur perairan nusantara yaitu tidak adanya pajak yang tinggi dan bebas dari pembajakan yang kala itu marak terjadi di jalur sutra darat, sehingga banyak pedagang kemudian beralih menggunakan jalur perairan salah satunya melewati Nusantara. Perdagangan melewati perairan dinilai lebih efektif karena tidak banyak pajak yang dibayar serta dapat memuat komoditas yang lebih banyak dibanding melalui darat.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang jalur perdagangan nusantara brainly.co.id/tugas/153534

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

[answer.2.content]